TRUST

oleh : ef saefudin kamil

Ini kisah tentang seorang pria dengan setumpuk ide-ide kreatif bisnisnya. Saking kreatifnya setiap melihat apapun pasti jadi ide bisnis, setiap mendengar berita apapun pasti jadi peluang bisnis.
Harusnya dia sudah menjadi seorang jutawan atau bahkan milyader dengan puluhan perusahaan. Harusnya dia sudah menciptakan ratusan produk dengan ide-idenya. Harusnya dia sudah mendulang rupiah bahkan dollar dengan kreatifitasnya. Harusnya….???

Namun kenyataannya,…
Dia masih menjadi seorang pria dengan penghasilan yang minim bahkan minus. Masih menjadi pemimpi yang belum juga menghasilkan apapun dari setiap produk yang dia cetak. Masih menjadi orang bingung yang tidak tahu bagaimana seharusnya hidup..

Pria ini bukan pemalas atau hanya sekedar pengkhayal. Dia selalu action dengan ide-idenya…
Namun sayangnya tidak ada satupun orang yang percaya padanya. Jangankan investor, konsumenpun harus berpikir ribuan kali unutk menjadi pembelinya. Ujung-ujungnya selalu mengalami kebuntuan yang mengantarkan pada kegagalan.

Ini adalah buah dari benih perilaku buruk yang dia sebar selama ini. Sikapnya yang arogan, sering merendahkan sesama, sering menyakiti sesama, angkuh dan selalu menghadirkan rasa tidak nyaman pada siapapun yang ada di dekatnya. 

Saya meyakini, selama dia tidak memperbaiki diri, sampai kapanpun bahkan kemanapun, dia akan selalu menemukan ide-ide bisnisnya hanya sebuah halusinasi yang tidak dianggap orang lain. Ini bukan karena idenya yang buruk tapi karena pribadi orang yang menuangkan ide tersebut adalah orang yang telah kehilangan “Trust”.

Luar biasa bagaimana “Trust” menjadi sesuatu yang sangat berharga. Banyak orang yang tidak punya modal ternyata mampu mendirikan perusahaan dan bisnis yang maju. Banyak pula orang yang tidak memiliki kemampuan marketing, ternyata mampu meraup keuntungan dengan konsumen yang banyak. Semuanya hanya karena dia punya “Trust” yang bisa dijual…

Teman, jangan pernah mengubur “Trust” kita….!!!

(februari 2015)

No comments:

Post a Comment